Minggu, 18 Oktober 2015

Pariwisata di Bangka Barat

Objek wisata alam yang dapat dikunjungi di Bangka Barat


1. Bukit Menumbing
 Hasil gambar untuk menumbing muntok
Bukit Menumbing di kepulauan Bangka Belitung, Kabupaten Bangka Barat, Kota Muntok, merupakan bukit yang memiliki nilai sejarah yang tinggi. Di bukit Menumbing, terdapat Wisma Menumbing yang merupakan tempat pengasingan mantan presiden Indonesia, Soekarno, dan terletak di atas bukit dengan ketinggian sekitar 450 meter dari permukaan laut.  Wisma ini memiliki satu bangunan utama dengan beberapa fasilitas umum lainnya. Bangunan tersebut dibangun pada masa penjajahan Belanda, sekitar tahun 1928 -1933. Berdasarkan informasi yang tertulis pada kamar 102 di wisma Menumbing, inilah tempat Soekarno, Muhammad Hatta, Mr. Ag. Pringgodigdo, Komodor Surya Darma dan Mr. Assa’at diasingkan sejak tanggal 22 Desember 1948 hingga 7 Juli 1949.

2. Batu Kutil
Hasil gambar untuk batu kutil muntok


Batu Kutil terletak di Desa Air Putih Kecamatan Muntok, sekitar 500 meter dari Dusun Air Putih Desa Air Putih, tepatnya sekitar 500 meter dari SMPN 4 Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka-Belitung (Babel). 
Selama ini di salah satu sudut wilayah Muntok Kabupaten Bangka Barat'>Bangka Barat, Kepulauan Bangka-Belitung (Babel) terdapat batu raksasa yang dinamai Batu Kutil.
Hanya saja, hingga kini sebagian warga di ujung barat Pulau Bangka ini belum banyak yang mengetahui bahwa di daerahnya ada potensi obyek wisata yang cukup unik tersebut.
Ketua Assosiasi Home Stay Muntok Kabupaten Bangka Barat'>Bangka Barat, Abang Faizal menyebutkan bahwa Batu Kutil ini potensial untuk obyek wisata baru di Muntok.
"Selama ini orang banyak nggak tahu tentang batu kutil. Batu kutil ini unik, kalau dari Batu Balai sekitar 100 meter, lokasi itu jarang sekali dijamah orang, sekeliling batu kutil masih rapat dengan hutan," ujar Faizal kepada Bangka Pos (Tribunnews.com Network), Rabu (29/4/2015).

 3. Balai Batu Muntok
 Hasil gambar untuk tentang balai batu muntok di bangka barat
Batu Balai adalah salah satu keajaiaban  alam yang ada di Bangka Barat. Batu besar seukuran rumah itu bertumpuk dua, bagian paling atas menyerupai buritan kapal. Satu hal yang menarik, sebuah pohon besar tumbuh tepat diantara dua batu tersusun tersebut.

 

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar