Minggu, 18 Oktober 2015

Pariwisata di Kabupaten Belitung

Wisata Pulau
Belitung terkenal akan sejuta keindahan pariwisatanya. Tidak hanya pantainya, Belitung juga terkenal akan wisata pulaunya. jika kalian sedang berkunjung ke Belitung ada beberapa pulau yang sangat sayang untuk kalian lewatkan, karena di pulau ini kalian akan dimanjakan dengan keindahan dan disini kalian juga bisa belajar sejarah. Ok! Berikut ini adalah Pulau-pulau yang wajib kalian Kunjungi jika kalian berada di Belitung:


Pulau Lengkuas


Pulau Lengkuas adalah nama sebuah pulau dan masih berdiri tegak menara mercusuar yang dibangun pada masa Kolonial Belanda tahun 1882. Sampai saat ini mercusuar tersebut masih berfungsi sebagai pemandu kapal yang masuk dan keluar melalui pelayaran laut Tanjung Binga dan sekitarnya.
Untuk melengkapi kesan yang mendalam kepada wisatawan, petugas akan senantiasa mempersilahkan naik ke menara. Dari atas menara dengan ketinggian 70 m, wisatawan dapat melihat panorama laut paling menakjubkan dipastikan  akan mendapatkan pengalaman yang berbeda dan tak terlupakan. Disekitar pulau ini terdapat taman-taman laut dengan keaneka ragaman biota lautnya. Lebih menarik lagi terdapat kapal “Indomarine” yang tenggelam sekitar tahun 1990.

Pulau Pasir

Pulau Pasir, hanya merupakan hamparan pasir yang tidak mempunyai pohon maupun batu-batu seperti tempat-tempat wisata lainnya. Namun keberadaannya selalu mendapat tempat dihati wisatawan karena keunikannya. Apabila air laut surut pulau ini akan  terlihat kepermukaan laut, saat itu anda dapat berjalan-jalan sambil berphoto dengan latar belakang batu granit dan pulau disekitarnya. Dapat ditempuh dari Pantai Tanjung Kelayang dengan menggunakan boat nelayan selama 15 menit. Kegitan lain yang dapat dilakukan disini adalah snorkeling dan berjemur. Disamping itu juga wisatawan dengan mudah menjumpai  bintang laut  berukuran  besar.

Pulau Burung

Bila mengunjungi Pulau Lengkuas tak lengkap jika tidak singgah di Pulau Burung. Pulau ini menyimpan batu-batu unik salah satunya menyerupai kepala burung. Pulau ini tidak terlalu besar namun banyak ditumbuhi pepohonan yang dijadikan tempat bagi burung elang dan camar laut untuk bersarang. Keadaan lingkungannya jauh dari hiruk pikuk kota sehingga tempat tersebut sangat  ideal sebagai  tempat pelarian  dari rutinitas kesibukan sehari-hari.
Pasir pantai yang putih bersih dan air yang jernih cocok untuk berenang dan menyelam. Lokasi mudah dicapai sekitar 20 menit dengan boat dari Tanjung Kelayang atau dari pelabuhan nelayan Desa Tanjung Binga.
Pulau Kepayang
 
Merupakan salah satu gugusan pulau yang berada di Desa Tanjung Binga. Dapat dicapai dengan menggunakan boat  nelayan kira-kira 15 menit dari obyek wisata Tanjung Kelayang.  Selain dijadikan pusat konservasi penyu dan  program rehabilitasi penanaman terumbu karang baru, tempat ini juga telah dilengkapi berbagai fasilitas berupa cottage, restoran yang penataannya disesuaikan dengan situasi alam setempat. Kondisi Pulau  dikelilingi batu-batu granit besar serta rimbunan pepohon kelapa dan fauna lainnya membuat suasana terasa lebih romantis. Tak jarang tempat ini dijadikan sebagai bulan madu bagi pasangan yang baru menjalani perkawinan.

Pulau Batu Berlayar

Sebuah pulau kecil dimana pada bagian tengah pulau berdiri beberapa buah batu granit besar tersusun rapi diatas pasir putih yang dikelilingi air laut nan jernih. Tempat ini  mudah  dicapai menggunakan kendaraan boat nelayan sekitar 10 menit dari Pantai Tanjung Kelayang. Bila air laut pasang maka seluruh permukaan pulau tersebut akan digenangi air laut dan saat itulah keunikan batu-batu itu seakan tampak seperti sedang berlayar. Ketika air laut surut pengunjung dapat singgah dan berjalan-jalan sambil berphoto. Kegitan lain yang dapat dilakukan disini adalah snorkeling juga menyelam karena disekitar terdapat spot-spot wisata bawah lautnya banyak terdapat beragam terumbu karang dan  jenis ikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar