Minggu, 18 Oktober 2015

Pariwisata di Kabupaten Bangka Tengah

Objek Wisata Pulau di Bangka Tengah

Pulau Ketawai
1. Pulau ketawai
Pulau ini sangat jelas terlihat dari Desa Kurau kecamatan Koba, seperti halnya pulau semujur , pulau Ketawai juga didiami oleh beberapa rumah

Dari Wisata Bangka Tengah
Pulau ketawai adalah salah satu pulau kecil kebanggaan masyarakat Bangka Tengah, di pulau ini akan di bangun resort, pulau ketawai dapat ditempuh melalui desa Kurau dengan jarak tempuh 30 menit menggunakan perahu dari dermaga desa kurau, di pulau ini juga terdapat terumbu karang yang dapat menambah wisata yang berbeda bagi pecinta diving.
Pulau Ketawai terletak pada posisi geogafis 02º 16’ 04” LS dan 106º 19’ 31” BT berjarak 49,51 km dari Kota Sungailiat atau sekitar 18 km dari Kota Pangkalpinang. Untuk mencapai pulau ini, kita dapat melewati penyeberangan dari Ketapang Pelabuhan Pangkal Balam atau dari Desa Kurau Kabupaten Bangka Tengah. namun, penyeberangan melalui Desa Kurau lebih umum digunakan untuk menuJu Pulau Ketawai.
Pulau Ketawai didominasi oleh pohon kelapa yang memang sengaja ditanam. Ekosistem pesisir di Pulau Ketawai terdiri dai ekosistem padang lamun (seagrass bed) danekosistem terumbu karang (coral reef). Sebelah timur pulau, didominasi oleh ekosistem padang lamun yang cukup luas dan merata. Ekosistem padang lamun di Pulau Ketawai didominasi oleh lamun jenis Thalassia hemprichii dan ditemui pula jenis Halodule uninevis. Selain itu ditemukan pula beberapa jenis makro alga.
Pulau Ketawai dan Pulau Gusung Asam merupakan objek wisata yang berada di Kabupaten Bangka Tengah, dan menjadi salah satu tempat yang menarik dan banyak dikunjungi wisatawan baik dari Bangka Tengah sendiri maupun masyarakat luar. Objek wisata pantai tersebut banyak dikunjungi wisatawan selain karena memang indah, juga mudah dijangkau wisatawan. Ekosistem terumbu karang yang cukup luas dan kondisinya cukup beragam. Luasan karang tidak merata di lokasi yang ditemukan. Kondisi karang yang ditemukan mulai dari kondisi yang sangat baik, sedang hingga semuanya tertutup makroalga yang didominasi oleh sargassum dengan tinggi mencapai satu meter.
Karang dengan kondisi sangat baik ditemukan dalam kondisi sehat meski ditemukan bulu babi (Diadema sp.). Karang yang paling disukai adalah jenis karang yang pertumbuhannya relatif cepat yaitu jenis karang acropora, terutama jenis karang meja (Acropora tumbulate) dan karang cabang (Acropora branching). Pada ekosistem terumbu karang yang kondisinya baik, terlihat karang dalam kondisi sehat dengan keanekaragaman jenis karang yang tinggi. Jenis karang yang ditemukan yaitu karang Acroppora branching, acropora tubulate, montipora, fungia, coral massif dan beberapa jenis softcoral.
Namun secara umum, jenis hardcoral yang banyak ditemukan adalah jenis karang Acropora branching dan acropora tumbulate. Selain itu, ditemukan juga jenis makroalga Halimeda sp. yang berwarga putih kehijauan dengan bentuk yang khas. Jenis ikan karang yang ditemui cukup beragam. Mulai dari beraneka jenis amphiprion, parrotfish, Lutjanus sp., kerapu, ekor kuning, damselfishes dan banyak lagi jenis ikan lainnya yang jumlahnya cukup banyak dan beragam. Disebelah timur dijumpai ekosistem padang lamun (seagrass) dan ditumbuhi juga oleh beberapa jenis makroalga dan rumput laut (seaweed). Ini mengindikasikan bahwa pulau ini memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai daerah budidaya rumput laut di masa yang akan datang.
Klik Untuk Gambar Lainnya
Investor nasional dengan bendera usaha PT Ketawai Indah Resort dan PT Mandiri Karya Intera di tahun 2011 telah mengalokasikan Rp 150 miliar untuk membangun sekitar 50 unit resor wisata di Pulau Ketawai. Investasi sebesar Rp 150 miliar dibagi menjadi tiga bagian yakni pembangunan resor, keramba apung ikan, dan dermaga marina. Pembangunan resor wisata di Pulau Ketawai menggunakan sistem `ecogreen` atau resor yang mengedepankan unsur keindahan alam. Selain itu, energi penerangan pada resor eksotik tersebut akan menggunakan energi matahari dan sistem daur ulang untuk ketersediaan air bersih. Resort yang ditargetkan untuk pengunjung bertaraf internasional tersebut akan memberikan berbagai pilihan hiburan untuk pengunjung sehingga dapat menikmati keindahan laut semaksimal mungkin.

Pulau Nangka
Pulau Nangka dibandingkan dengan pulau lain yang ada di Kabupaten Bangka Tengah lebih panjang 6 km dan terletak antara pulau Bangka dan Pulau Sumatera. Pulau Nangka ini dihuni oh kurang lebih 70 kepala Keluarga.Pulau yang penduduknya 100% beragama Islam ini memang terasa sangat istimewa tak seperti kebanyakan pulau yang lainnya. Pulau Nangka bebas dari hewan yang haram bagi umat Islam yaitu babi dan anjing.

Pulau dengan panorama pasir putih dan bebatuan yang indah juga banyaknya burung- burung yang beraneka ragam, bagi yang ingin berkunjung bias mengunakan perahu dari Desa Sungai Selan dengan waktu tempuh sekitar 2,5 jam atau lewat Dusun Tanjung Tedung selama 20 menit.

Selain Pulau Nangka, ada dua pulau lagi yang berada di dekatnya, yakni pulau Gadung dan Pulau Lampu (Pelepas).. 

gadung
Pulau Gadung tidak didiami oleh penduduk ini mempunyai luas sekitar dua kali lapangan bola. Pulau ini menawarkan ragam landscape yang menawan. Ada semacam teluk kecil yang terletak di sebelah pulau kecil ini. Dengan pasir putih, dan dedaunan hijau, akan menambah pesona bagi pengunjung. Belum lagi beting, yang terhampar luas memanjang hingga menjorok sekitar 25 meter ke laut lepas.

Beting, untuk menyebut pasir laut yang membentuk daratan sementara. Kalau untuk saat ini, bisa jadi akan terbentuk formasi lain. Hal ini mungkin disebabkan pengaruh gelombang laut. Di pulau Nangka ini anda bisa menyewa perahu untuk menyalurkan hobi memancing anda. Ikan diperairan sungaiselan ini terkenal dengan rasanya yang gurih. Selamat rekreasi saja buat sobat-sobat cyberbangka.

Pulau Semujur
Pulau Semujur dan Pulau Panjang
Luas pulau ini sekitar 200 m2 bersebelahan dengan pulau panjang
Dari Wisata Bangka Tengah
Air laut yang jernih menambah daya tarik di pulau semujur untuk menyelam melihat terumbu karang yang mempesona di dasar laut, pulau ini juga dapat menyalurkan hobi bagi yang suka memancing di samping keelokan pemandangan di sekitar pulau yang eksotis, Bagi wisatawan yang ingin kesana dapat di tempuh dengan menggunakan speedboat/perahu dengan waktu tempuh Kurang Lebih 45 menit dari dermaga desa kurau. Luas Pulau ini kurang lebih 57,11 Ha bersebelahan dengan Pulau Panjang, di pulau ini ada beberapa rumah penduduk yang mendiami pulau ini, dikelilingi dengan pohon kelapa menambah indahnya pulau ini.
Untuk menuju ke pulau Semujur yang terletak di Kecamatan Pangkalan Baru Kabupaten Bangka Tengah, kita bisa naik perahu nelayan yang terletak di desa Kurau yang merupakan desa pesisir. Waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke pulau Semujur dengan perahu nelayan dengan kecepatan 40 knot dapat ditempuh dengan waktu pejalanan lebih kurang 90 menit. Pulau Semujur ini memiliki Kepala Keluarga (KK) sekitar 90 KK. Wisata alam di Pulau ini sangat menarik untuk dijadikan destinasi wisata karena memiliki keindahan pesona alam yang sangat menarik.
Dengan air laut yang jernih berwarna biru sehingga kita dapat memandang dengan jelas terumbu karang yang terlihat elok. Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bangka Tengah sering melaksanakan event tahunan di Pulau semujur ini yakni kegiatan lomba memancing. Dengan keindahan dan keramahan penduduk lokal diharapkan kedepan pulau semujur ini dapat menjadi salah satu tujuan wisata andalan Kabupaten Bangka Tengah.
Pulau Semujur terletak bersebelahan dengan Pulau Panjang. Namun, berbeda dengan Pulau Semujur yang cukup banyak dihuni oleh penduduk, Pulau Panjang merupakan pulau yang tidak dihuni oleh masyarakat. Ada sekitar 20 pondok yang terdapat di Pulau Semujur yang dihuni oleh masyarakat mayoritas bugis yang berasal dari Desa Tanjung Gunung.
Masyarakat di daerah ini menangkap ikan dengan menggunkan perangkap (bubu). Ikan hasil tangkapannya adalah ikan karang. Selain ekosistem terumbu karang, dibagian selatan pulau ini ditemui pula ekosistem lamun (seagrass) yang didominasi oleh jenis Thalassia sp. Ekosistem terumbu karang di Pulau Semujur dapat disimpulkan dalam kondisi yang cukup baik (50 -85%).
Ikan karang, tridacna dan biota karang khas lainnya banyak ditemui di ekosistem terumbu karang Pulau Semujur. Karang tepi di Pulau Semujur relatif tipis, namun memanjang mengelilingi pulau. Ekosistem terumbu karang yang terdapat antara Pulau Semujur dan Pulau Panjang sangat menakjubkan. Karang terlihat sangat asri, memiki keanekaragaman jenis karang yang tinggi dan kaya akan biota. Berjarak sekitar 600 meter dari tepi pantai Pulau Semujur. Tempat ini merupakan tempat yang sangat cocok untuk dijadikan lokasi snorkling.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar