Minggu, 18 Oktober 2015

Pariwisata di Kabupaten Belitung

 Wisata Pesisir
Wisata di belitung memang sangat bagus apalagi wisata pantainya. Bagi kalian yang ingin berwisata di Belitung, ini ada beberapa tempat wisata di Belitung yang kami kumpulkan. Berikut ini adalah wisata pantai apa saja yang wajib kalian kunjungi jika berada di Belitung. Silahkan di pilih!

 

Pantai Tanjung Tinggi
merupakan salah satu pantai yang sangat indah, sering dijadikan tempat syuting film Laskar Pelangi dan Sang Pemimpi yang diangkat dari novel fenomenal karya anak muda Pulau Belitung Andrea Hirata. Pantai ini terletak di sebelah utara pulau Belitung. Jaraknya 37 km dari pusat kota Tanjungpandan. Pantai ini berbentuk lekukan busur derajat yang dengan diameter kira-kira 100 meters dengan susunan batu - batu granit yang ada di dua sisi pantai. Di sepanjang pantai kita akan melihat panorama pemandangan yang mengesankan dan unik dari pantai - pantai yang ada. Pasirnya putih dan airnya jernih, kita dapat berenang disana karena kecilnya gelombang dan lambatnya arus air laut, tapi yang lebih menarik adalah sedikitnya perbedaan antara pasang naik dengan pasang surut, sehingga kita dapat berenang tanpa menunggu kenaikan pasang air laut. Di sepanjang bibir pantai kita dapat menemukan beberapa rumah makan sea food sederhana yang tentunya bersih dan terjamin kelezatannya.

 
Pantai Tanjung Kelayang
Pantai wisata Tanjung Kelayang merupakan salah satu obyek wisata pantai yang terdapat di wilayah Kecamatan Sijuk. Letaknya di sebelah utara Pulau Belitung, jarak dari pusat kota 27 km. Pantai ini mempunyai panorama pantai yang unik, di sisi sebelah barat akan kita jumpai gugusan bebatuan granit yang memiliki bentuk - bentuk dan susunan yang beraneka ragam. Kemudian di sebelah timur akan kita jumpai pantai yang berpasir putih sepanjang mata memandang. Pantai ini menghadap utara dan di hiasi dengan pulau - pulau kecil serta bebatuan yang berdiri sendiri seperti tumbuh di tengah lautan. Ada dua buah batu yang unik dimana batu ini berbentuk seperti seekor kura - kura raksasa dan seekor burung besar di tengah samudra. Pantai Tanjung Kelayang berikut keanekaragaman letak  posisi batu yang   terkesan unik dan menarik. Setiap tahun pada  bulan Oktober pantai Tanjung Kelayang dijadikan pusat titik labuh kapal layar para yachter yang tergabung dalam kegiatan Sail Indonesia

Di pantai wisata Tanjung Kelayang terdapat cottage yang bangunannya disesuaikan dengan kondisi alam sebagai tempat wisatawan menginap dan bermalam disana. Disamping itu sudah berdiri Amphiteather, sebuah bangunan megah yang dapat dipergunakan untuk pertunjukan kesenian dan kegiatan lain.


Pantai Tanjung Pendam
Terletak di jantung ibukota Kabupaten Belitung dengan luas sekitar 22 hektar. Berhadapan dengan pantai ini terdapat Pulau Kalamoa, didalamnya ada tempat peribadatan masyarakat Thionghoa. Untuk memanjakan pengunjung tempat ini telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas berupa; taman rekreasi, panggung hiburan, restoran, pasar seni, arena olah raga, shelter dan fasilitas lainnya. Hampir tiap hari selalu ramai dikunjungi wisatawan sekedar untuk relax, membeli makanan, souvenir dan berphoto ria.

Beragam kegiatan selalu ditampilkan di tempat ini, mulai dari festival budaya, festival band, festival layang-layang sampai even olahraga. Menjelang senja kita dapat menyaksikan pemandangan yang menakjubkan yaitu matahari kembali keperaduannya, tidak heran wisatawan yang datang tidak mau melewatkan begitu saja peristiwa ini.
Sepanjang pengamatan kami, pantai ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Yang paling padat adalah pada saat hari libur atau liburan akhir pekan. Banyak tulisan diinternet yang mengatakan bahwa pantai ini adalah salah satu tempat sempurna untuk menyaksikan dan mengabadikan matahari terbenam atau sunset.

Pantai Bukit Berahu
Pantai Bukit Berahu terletak di Desa Tanjung Binga, 18 km dari Kota Tanjungpandan. 
merupakan bukit kecil yang mana jika dilihat dari puncak bukit, pengunjung bisa menikmati pemandangan laut biru jernih, khususnya dari restoran yang merupakan salah satu fasilitas di Bukit Berahu. Perahu-perahu nelayan setempat yang ditambatkan oleh pemiliknya dipingiran pantai memberikan pemandangan tersendiri nan indah tatkala pagi hari.
Dimalam harinya, perahu-perahu nelayan tersebut memberikan panorama berbeda saat berada di tengah laut karena lampu-lampu yang berasal dari perahu-perahu nelayan ini membentuk formasi titik sumber cahaya dalam kegelapan malam. Ini memberikan suasana romantis dengan diiringi oleh suara deburan ombak sepanjang malam.
Selain restoran, Bukit Berahu juga dilengkapi dengan Cottage. Cottage ini dibangun persis di tepian pantai dan menghadap langsung ke laut lepas ini tersusun dengan kayu bergaya tradisional Belitung yang cukup kental. Suasananya yang hening, sangat sempurna bagi pasangan yang ingin berbulan madu. Dan juga kolam renang. Semua itu disediakan bagi siapa saja yang ingin menghabiskan waktu santainya untuk menikmati segala yang ditawarkan oleh Bukit Berahu.


 Desa Nelayan Tanjung Binga
Sekitar 18 km dari Kota Tanjungpandan kearah utara terdapat sebuah desa di tepi pantai, yaitu Desa Nelayan Tanjung Binga. Disepanjang pantainya berjajar rumah-rumah nelayan yang tertata rapi. Oleh sebab itu desa ini sangat menarik dan memiliki ciri khusus sebagai destinasi wisata.
Daya tarik yang dapat dinikmati disini adalah kehidupan aktivitas sehari-hari para nelayan dalam mengolah hasil ikan tangkapannya. Disamping itu anda dapat berbincang-bincang dengan penduduknya mengenai berbagai hal tentang laut atau mencoba untuk melaut.
Dihadapan pantai ini terdapat gugusan pulau-pulau kecil yang menarik. Bahkan kita dapat melihat  menara mercusuar Pulau lengkuas dengan jelas.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar